Apakah Gelombang Radio Terurai Menjadi ION?

Gelombang Radio Apakah Bisa Teurai menjadi ION

Radiasi adalah energi yang berasal dari suatu sumber dan bergerak melalui ruang angkasa. Misalnya, pemanas listrik beroperasi dengan memanaskan kabel logam dan kabel tersebut memancarkan energi tersebut sebagai panas (radiasi inframerah).

Radiasi frekuensi radio adalah jenis radiasi elektromagnetik, yang merupakan kombinasi medan listrik dan magnet yang bergerak bersama-sama melalui ruang sebagai gelombang. Radiasi elektromagnetik terbagi dalam dua kategori:

Umumnya, ketika orang mendengar kata radiasi, mereka memikirkan radiasi pengion, seperti sinar-X dan sinar gamma. Radiasi pengion membawa energi yang cukup untuk memutus ikatan kimia, menjatuhkan elektron dari atom, dan menyebabkan kerusakan langsung pada sel dalam bahan organik. Faktanya, radiasi pengion membawa lebih dari satu miliar kali lebih banyak energi daripada radiasi non-pengion. Sedikit radiasi pengion dapat digunakan untuk menghasilkan gambar x-ray untuk diagnosis. Banyak radiasi pengion diperlukan untuk membunuh sel kanker dalam terapi radiasi.

Sebaliknya, radiasi non-pengion tidak memiliki cukup energi untuk memutus ikatan kimia atau melepaskan elektron dari atom. Konsensus ilmiah menunjukkan bahwa radiasi non-pengion bukanlah karsinogen dan, pada atau di bawah batas paparan frekuensi radio yang ditetapkan oleh FCC, radiasi non-pengion belum terbukti menyebabkan bahaya apa pun bagi manusia.

Ponsel memancarkan radiasi non-pengion tingkat rendah saat digunakan. Jenis radiasi yang dipancarkan oleh ponsel juga disebut sebagai energi frekuensi radio (RF). Seperti yang dinyatakan oleh National Cancer Institute, "saat ini tidak ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-pengion meningkatkan risiko kanker pada manusia. Satu-satunya efek biologis yang diakui secara konsisten dari radiasi frekuensi radio pada manusia adalah pemanasan."

Untuk penjelasan yang lebih rinci tentang radiasi frekuensi radio, lihat Gelombang Mikro, Gelombang Radio, dan Jenis Radiasi Frekuensi Radio Lainnya Penafian Tautan Eksternal dari American Cancer Society.

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Menara Radio Bisa Mengalami Korslet?

Bagaimana Cara Stasiun Radio Mendapatkan Untung?