Apa Itu Gelombang Radio?

Sebenarnya Apa Itu Gelombang Radio?

Gelombang radio adalah jenis radiasi elektromagnetik yang terkenal karena penggunaannya dalam teknologi komunikasi, seperti televisi, ponsel, dan radio. Perangkat ini menerima gelombang radio dan mengubahnya menjadi getaran mekanis di speaker untuk membuat gelombang suara.

Radio Gaul Jakarta Indonesia

Spektrum frekuensi radio adalah bagian yang relatif kecil dari spektrum elektromagnetik (EM). Spektrum EM umumnya dibagi menjadi tujuh wilayah dalam rangka penurunan panjang gelombang dan peningkatan energi dan frekuensi, menurut University of Rochester. Sebutan umum adalah gelombang radio, gelombang mikro, inframerah (IR), cahaya tampak, ultraviolet (UV), sinar-X dan sinar gamma.

Gelombang radio memiliki panjang gelombang terpanjang dalam spektrum EM, menurut NASA, mulai dari sekitar 0,04 inci (1 milimeter) hingga lebih dari 62 mil (100 kilometer). Mereka juga memiliki frekuensi terendah, dari sekitar 3.000 siklus per detik, atau 3 kilohertz, hingga sekitar 300 miliar hertz, atau 300 gigahertz.

Spektrum radio adalah sumber daya yang terbatas dan sering dibandingkan dengan lahan pertanian. Seperti halnya petani harus mengatur lahan mereka untuk mencapai panen terbaik terkait jumlah dan varietas, spektrum radio harus dibagi di antara pengguna dengan cara yang paling efisien, menurut British Broadcasting Corp (BBC). Di A.S., Administrasi Telekomunikasi dan Informasi Nasional di dalam Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengelola alokasi frekuensi di sepanjang spektrum radio.

Sumber: Lifescience
Radio Gaul Indonesia Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Menara Radio Bisa Mengalami Korslet?

Apakah Gelombang Radio Terurai Menjadi ION?

Bagaimana Cara Stasiun Radio Mendapatkan Untung?